Selasa, 24 Maret 2009

Welcome Mahasiswa (Cerpen)

Kulangkahkan kaki memasukki gerbang Polmed yang kelihatan cukup megah bagiku (ehem…ehem). Dipagi hari yang cerah ini adalah hari pertama gue masuk kuliah, yang pasti hari ini gue udah jadi seorang mahasiswa (suit…suit !). Dalam hati gue gak nyangka perjalanan hidup gue udah panjang, yang dulunya SD, SMP, SMA sekarang udah jadi mahasiswa. Begitu cepatnya waktu berlalu, rasa-rasanya baru kemarin aja gue SMA.

Sambil nginget masa lalu gue telusuri tiap bangunan di Polmed, lumayanlah gumanku dalam hati, gak nyangka bisa masuk Polmed padahal SPMB kemarin gue ngebet banget masuk USU tapi nasib berkata lain, gue gagal masuk USU. Saat itu putus asa banget, sedih rasanya, gak ada lagi harapan kuliah di USU, bukannya apa-apa man lu pasti taulah USU tu kan salah satu universitas terfavorit di Sumut, jelas aja gue pengen kuliah disana tapi gimana ya, cita-cita gue gak kesampaian.

Untung aja gue masih diberi semangat ama keluarga. So semangat kuliah gue wake up lagi and bokap gue nyaranin nyoba Polmed, kata bokap gue, “Coba aja Polmed dulu mana tau rezekimu disitu”, “Tapi Yah kalo aku gak lulus lagi gimana ?, aku kan gak pengen kalo ayah dan ibu sedih lagi nanti”,kata gue.”Nak , kamu musti ingat satu hal manusia itu hanya bisa berusaha tapi yang menentukan itu semua Tuhan, jadi kegagalan itu biasa dalam hidup kita, kamu kan tau pepatah yang mengatakan kegagalan adalah kunci keberhasilan jadi itu maksudnya dalam kegagalan kita ada suatu keberhasilan yang nanti kita dapatkan”, kata bokap gue. Sejak mendengar perkataan bokap gue, gue jadi sadar, bener juga apa kata bokap gue, and then gue daftar di Polmed dan gue gak nyangka gue lulus, gue bersyukur banget man bisa kuliah di negeri yang jadi impian gue (inilah moment yg menyentuh banget).

Saat gue ngelamunin tu semua,temen gue datang membuyarkan lamunan,”Hei gedung kita yang mana ?”,kata dia. “Kayaknya gedung kita di gedung C”,kata gue. “Lu tau darimana ?”, tanya dia. “Kan gue yang nulis cerpen ini eh….sorry maksud gue, gue denger orang ngomong tadi, kebetulan jurusannya sama ma kita”, kata gue (hampir aja ketauan). “Kita masuk ke dalam yuk !”, kata dia.“Yuuuuuk…!”, kata gue. Sambil ngikutin dia ke gedung C gue teringat lagi masa-masa kenalan ma dia, waktu itu ketika P2MB Polmed gue baca bad nama dia and jurusan yang dia pilih sama ma gue, kebetulan kami satu pleton so pasti kami jadi saling kenal. Emang sih waktu P2MB gue capek banget ngerjain apa aja yang disuruh senior, mau marah gak bisa gimana lagi paksa deh nurutin apa mau senior, tapi di dalam hati pasti ada perasaan sebel, sedih pokoknya semua deh campur aduk jadi satu (kayak es campur). And saat P2MB banyak banget suka duka yang tak akan terlupakan bagi gue.

Kami udah masuk ke dalam gedungn C and dipapan pengumuman kami lihat nama kami masuk dalam satu kelas jelas aja kami berdua jadi tertawa, abis tu kami langsung menuju kelas yang tertera di papan pengumuman. Setelah sampai dikelas gue duduk sambil berguman dalam hati akhirnya jadi juga, sambil menerawang isi kelas gue berfikir disinilah gue akan mulai menoreh perjalanan cita-cita gue untuk waktu yang akan datang, dengan temen baru, dosen dan orang-orang baru, suasana baru, gebetan baru (ups sorry…!) en yang pasti status baru sebagai mahasiswa. (F.H.P)

Di langit biru telah kuukir
Ikrar yang akan terus abadi
Semangat mengabdi tanpa pamrih
Yang kutujukan bagi Ibu Pertiwi

Selamat datang Mahasiswa
Pengemban amanat Bangsa dan Negara
Dan tumpuan harapan Orangtua
Di kampus Ungu yang tercinta

1 komentar: